JaDI DKI: Banyak Caleg Tak Jujur soal Sumbangan Dana Kampanye

Aspiranesia, Jakarta – Ketua Presidium Jaringan Demokrasi Indonesia (JaDI) DKI Jakarta Dahlia Umar menyatakan, Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK) baik parpol maupun calon perseorangan (DPD) yang diumumkan KPU DKI, menimbulkan sejumlah pertanyaan. Penyebabnya, di laporan tersebut, banyak peserta pemilu yang menyatakan nihil atau nol sumbangan dana kampanye. 

“Ini harus jadi perhatian masyarakat dan Bawaslu DKI untuk memastikan integritas, kejujuran dan transparansi calon peserta pemilu terkait keuangan dana kampanye mereka,” ujar Dahlia melalui pesan tertulis, Minggu (6/1/2019).

Dahlia menyebut, sejumlah nama caleg DPD DKI, tercatat nol rupiah sumbangan dana awal kampanye. Mereka adalah Agus Salim, Endang Widuri, Soemantari Muntoro, Susan Suryani, Sumaryono Suhandi dan Silviana Murni.

Sedangkan untuk partai, PKB, Gerindra, Nasdem, Garuda, Berkarya, PPP, PAN, Demokrat dan PBB tercatat masih nol rupiah sumbangan dana kampanye.

Menurut Dahlia, peserta pemilu 2019 baik parpol maupun DPD di DKI Jakarta terkesan t idak jujur menyangkut persoalan dana kampanye.

“Padahal mulai ditetapkannya DCT, tidak sedikit para caleg telah kampanye, bahkan ada yang memasang bilboard dan tatap muka atau pertemuan terbatas yang seluruhnya memakan biaya,” terangnya.


Artikel yang berjudul “JaDI DKI: Banyak Caleg Tak Jujur soal Sumbangan Dana Kampanye” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments