Juluki Anggota Kongres “Bimbo,” Anggota Dewan Kota Texas Minta Maaf

Seorang anggota Dewan Kota Richardson, Texas, Jumat (8/2), minta maaf setelah memasang cuitan tidak senonoh tentang anggota Kongres yang baru dilantik, Alexandria Ocasio-Cortez atau akrab dengan akronimnya, AOC.

“Kata-kata yang saya gunakan ofensif,” ujar Scott Dunn di akun Facebooknya setelah media mainstream dan sosial media mengkritik tajam cuitannya di Twitter.

“Saya bertanggungjawab atas kata-kata dan tindakan saya sendiri. Saya minta maaf kepada siapapun yang menilai hal itu ofensif,” tulisnya. Tanggal dan konteks cuitannya di Twitter tidak jelas karena akunnya di Twitter telah dihapus. Tetapi screenshot pernyataannya ketika membalas salah satu cuitan Ocasio-Cortez masih bisa ditemukan, dimana ia mengatakan “Hal yang memalukan adalah memiliki bimbo (seperti Anda (merujuk pada Ocasio.red) yang tidak memiliki apapun di antara kedua telinga.”

Bimbo artinya perempuan muda menarik, tetapi bodoh atau sembrono.

Wali Kota Richardson, Paul Voelker, menunjukkan kekecewaannya lewat pernyataan tertulis.

“Saya benar-benar sangat kecewa dan malu melihat pernyataan anggota Dewan Kota Richardson, Scott Dunn, di sosial media menanggapi cuitan anggota faksi Demokrat dari negara bagian New York Alexandria Ocasio-Cortez awal pekan ini,” kata Voelker.

“Meskipun saya menghormati hak Dunn atau warga masyarakat mana pun untuk menyampaikan opini tentang keprihatinan publik apa pun secara bebas, saya juga percaya bahwa nilai-nilai kota Richardson dapat terus dijunjung tinggi jika kita terlibat dalam wacana yang beradab, dengan nada yang juga beradab, menghormati orang lain dan berniat menghasilkan sesuatu yang konstruktif demi kemajuan masyarakat kita,” ujarnya menambahkan.

Wali Kota Voelker yang memimpin kota berpenduduk 100.000 orang itu juga menambahkan bahwa “meskipun kita tidak sepakat tentang isu-isu sosial dan politik yang penting, kita seharusnya tidak menghina.”

Menurut biografi di situs Kota Richardson, Dunn menjabat sebagai anggota dewan kota sejak 2011 dan terpilih kembali pada 2015 lalu.

Sejumlah netizen mengecam keras Scott Dunn. Netizen Lee Johnson, pemilik akun @neighborlee menuntutnya mundur. “Anda seharusnya mundur. Negara ini membutuhkan orang-orang yang terhormat dan layak. Anda mempermalukan Texas. Anda tidak melakukan apapun selain meniru keburukan Trump…”

Hal senada disampaikan Hazim Mandavia di akun @Hazim_Mandavia. “#ScottDunn harus mundur. Kota Richardson tidak membutuhkan sikap permusuhan terhadap perempuan, terutama di institusi yang dipilih rakyat. Warga Kota Richardson perlu mempertimbangkan kembali siapa yang dipilih.

Sementara seorang warga kota Texas lainnya yang menggunakan akun @RealTammy265 mencuit “#ScottDunn bisa lari, menghapus akun dan berusaha bersembunyi. Saya pemilih Texas, kami akan pastikan dengan suara kami agar Anda tidak menjabat lagi.”

Anggota Kongres Alexandria Ocasio-Cortez tidak saja menjadi wajah baru tetatapi juga bintang faksi Demokrat di Kongres, yang bersuara lantang menyerukan perubahan. [em]


Artikel yang berjudul “Juluki Anggota Kongres “Bimbo,” Anggota Dewan Kota Texas Minta Maaf” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments