KPU Kota Yogyakarta Kerahkan 100 Orang untuk Sortir dan Lipat Surat Suara

Walaupun demikian, Hidayat tetap optimistis jika proses penyortiran dan pelipatan surat suara tetap dapat diselesaikan tepat waktu.

Dia mengatakan, jumlah surat suara yang harus dilipat diperkirakan mencapai sekitar 1,5 juta lembar dan sudah termasuk surat suara cadangan dua persen.

“Pada hari pertama pelipatan, kami memang akan menyiapkan 100 tenaga. Nanti akan kami evaluasi sejauh mana para petugas dapat menyelesaikan tugasnya dalam satu hari. Jika dibutuhkan tenaga tambahan, maka kami akan siapkan,” ucap Hidayat.

Selain itu, Hidayat berharap kualitas surat suara yang diterima baik, sehingga tidak perlu ditukar dengan surat suara lain.

“Jika harus menukar dengan surat suara baru, maka membutuhkan tambahan waktu,” pungkas dia.

KPU Kota Yogyakarta sudah berkoordinasi dengan Panitia Pemilih Kecamatan (PPK) untuk menyiapkan tenaga penyortir dan pelipat surat suara.

Petugas harus memenuhi sejumlah persyaratan yaitu netral dan tidak tergabung dengan partai politik manapun, berusia minimal 17 tahun dan maksimal 60 tahun.


Artikel yang berjudul “KPU Kota Yogyakarta Kerahkan 100 Orang untuk Sortir dan Lipat Surat Suara” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments