Menlu India Jadi Tamu Kehormatan pada Sidang OKI, Menlu Pakistan Absen

Menteri luar negeri India, Sushma Swaraj menjadi tamu kehormatan pada sidang tingkat menteri Organisasi Konferensi Islam (OKI) di Abu Dhabi hari Jumat (1/3). Kehadiran Swaraj sebagai pembicara utama dalam sidang itu menyebabkan menteri luar negeri Pakistan Shah Mahmood Qureshi memilih tidak hadir.

Qureshi mengatakan, kehadiran Swaraj adalah berdasarkan undangan bilateral dari Uni Emirat Arab yang tidak diketahui oleh para pejabat OIC.

Tuan rumah pertemuan mengundang Swaraj secara bilateral. Tidak ada hubungannya dengan OIC. Bahkan sekretaris jenderal OIC pun tidak mengetahuinya’ kata Qureshi kepada Aspiranesia Siaran Bahasa Urdu.

Dalam pidatonya pada sidang itu Swaraj mengangkat isu terorisme menyebutnya ‘penyalah-gunaan agama’. India mengklaim kegagalan Pakistan menumpas kelompok teroris di buminya yang menyebabkan hubungan antara kedua negara menderita.

India ingin menjadi anggota OKI, organisasi 57 negara Muslim yang menyebut diri ‘suara dunia Muslim’ meskipun ada analis yang menyebut ‘macan kertas’ yang umumnya tidak relevan dengan masalah internasional. Meskipun mayoritas penduduk India penganut Hindu, namun India juga mempunyai salah satu jumlah besar penduduk Muslim di dunia. (al)


Artikel yang berjudul “Menlu India Jadi Tamu Kehormatan pada Sidang OKI, Menlu Pakistan Absen” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments