Mueller Serahkan Laporan Akhir Penyelidikan Campur Tangan Rusia dalam Pilpres AS

Penantian itu berakhir sudah. Tetapi permainan politik baru saja dimulai.

Jaksa penyidik khusus Robert Mueller, yang menyelidiki campur tangan Rusia dalam pemilihan presiden Amerika tahun 2016, Jumat sore (22/3) menyampaikan laporan akhirnya kepada Jaksa Agung William Barr, menyimpulkan penyelidikan luas yang telah menimbulkan perpecahan tajam diantara warga Amerika dan membayang-bayangi dua tahun pertama pemerintahan Presiden Donald Trump.

Pertanyaan utama yang dijawab mantan direktur Biro Penyidik Federal FBI ini adalah apakah Trump atau pembantu-pembantunya berkolusi dengan Rusia untuk merongrong tim kampanye calon presiden Hillary Clinton dari Partai Demokrat pada tahn 2016, dengan menggunakan email-email memalukan yang dicuri dari Komite Nasional Partai Demokrat DNC dan ketua tim kampanye Clinton? Atau apakah Trump semata-mata hanya mendapatkan manfaat dari strategi jahat Rusia? Juga apakah presiden berupaya mengakhiri penyelidikan untuk melindungi dirinya, penasehat politik dan para pembantunya?

Penyelidikan itu telah memicu dakwaan terhadap 37 individu dan entitas, sebagian besar agen Rusia masih buron. Tujuh orang, termasuk lima mantan rekan Trump, telah mengaku bersalah dan lima diantaranya telah dijatuhi hukuman penjara.

Di antara kasus-kasus penting itu adalah kasus mantan Penasihat Keamanan Nasional Michael Flynn, yang mengaku bersalah karena telah berbohong kepada FBI tentang pembicaraannya dengan Duta Besar Rusia Untuk Amerika Sergey Kislyak (ketika itu) dan mantan ketua tim kampanye Trump, Paul Manafort, yang baru-baru ini juga telah dihukum.

Menjelang penyerahan laporan itu, beredar luas spekulasi bahwa Mueller akan mengajukan dakwaan tambahan, tetapi tidak ada tindakan hukum tambahan yang dilakukan sebelum laporan itu dirilis oleh Departemen Kehakiman.

Dengan penyerahan laporan ini maka penyelidikan tim Mueller berakhir, tetapi masalah-masalah hukum yang dihadapi presiden masih berlanjut. Beberapa bulan terakhir ini Mueller telah menyerahkan sebagian hasil penyelidikannya ke kantor jaksa agung, termasuk ke Distrik Selatan New York dimana jaksa penuntut umum telah membuka penyelidikan terpisah terhadap Trump Organization dan entitas lain milik Trump. (em)


Artikel yang berjudul “Mueller Serahkan Laporan Akhir Penyelidikan Campur Tangan Rusia dalam Pilpres AS” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments