AS Hampir Capai Tujuan Dalam Negosiasi Dagang China

Presiden Donald Trump mengatakan Amerika “hampir mencapai tujuan” untuk menggambarkan perundingan perdagangan dengan China, kantor berita Associated Press melaporkan, Kamis (4/4).

Trump melontarkan komentar itu ketika ia bertemu dengan perunding senior perdagangan China, Wakil Perdana Menteri Liu He.

Meskipun penilaiannya optimis, dalam sambutannya kepada wartawan di Oval Office Trump memperingatkan “kemajuan sedang dibuat dengan kecepatan tinggi,” tetapi dalam pernyataan lain mengatakan masih banyak yang harus dilakukan.

Perunding perdagangan senior China menyetujui pernyataan tersebut dan mengatakan kepada Trump kemajuan besar dalam perundingan tercapai berkat keterlibatan langsung Trump.

Kedua negara berupaya mengakhiri kebuntuan yang mengguncang pasar keuangan dan menyuramkan prospek ekonomi dunia. Para perunding AS dan China, Rabu (3/4), memulai pembicaraan putaran kesembilan untuk menyelesaikan perselisihan terkait tuduhan Amerika bahwa Beijing menggunakan taktik predator, termasuk pencurian siber, dalam kampanye untuk menantang dominasi teknologi AS.

Trump telah mengenakan pajak impor terhadap produk-produk China senilai $250 miliar. Sebagai balasan, Tiongkok menargetkan impor Amerika senilai $110 miliar. [my]


Artikel yang berjudul “AS Hampir Capai Tujuan Dalam Negosiasi Dagang China” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments