Mnuchin akan ‘Patuhi Hukum’ Terkait Laporan Pajak Tahunan Trump

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin pada hari Selasa mengatakan departemennya bermaksud untuk “mematuhi hukum” dan sedang meninjau permintaan seorang tokoh senior Partai Demokrat di DPR untuk memberikan laporan pajak tahunan Presiden Donald Trump kepada anggota DPR.

Mnuchin juga mengungkapkan bahwa pengacara Departemen Keuangan telah berbicara dengan Kantor Penasihat Gedung Putih tentang pertanyaan dirilisnya laporan pajak tahunan Trump dan mengatakan kepada para pembuat undang-undang bahwa konsultasi terjadi sebelum permintaan itu muncul minggu lalu.

Mnuchin mengatakan bahwa pembicaraan itu “murni bersifat informasi” dan ia belum diberi pengarahan mengenai isinya.

Tetapi Mnuchin mengatakan kepada panel DPR bahwa ia secara pribadi belum berkomunikasi dengan presiden atau staf seniornya mengenai keputusan departemen apakah akan memaparkan laporan pajak tahunan Trump yang mengatakan Departemen Keuangan “akan menyiapkan” jika diminta .

“Adalah niat kami untuk mematuhi hukum dan sedang dalam proses peninjauan,” kata Mnuchin kepada sup komite Alokasi DPR yang bertanggung jawab atas anggarannya.

Pejabat sementara kepala staf Gedung Putih Mick Mulvaney hari Minggu mengatakan anggota DPR “tidak akan pernah” melihat laporan pajak tahunan Trump.

Ketua Komite APBN Richard Neal, seorang Demokrat dari Massachusetts meminta laporan pajak tahunan itu minggu lalu dalam sebuah surat kepada Mnuchin yang menetapkan batas waktu Rabu untuk menyediakannya. Mnuchin mengatakan dia “siap menanggapi” tetapi tampak jelas bahwa Departemen Keuangan tidak akan memenuhi tenggat waktu tersebut. [my]


Artikel yang berjudul “Mnuchin akan ‘Patuhi Hukum’ Terkait Laporan Pajak Tahunan Trump” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments