Pertempuran di Libya Bahayakan Ribuan Jiwa

Kepala Urusan HAM PBB mengatakan, ribuan jiwa terancam di kawasan-kawasan yang dilanda konflik di Libya karena meningkatnya serangan terhadap kawasan-kawasan permukiman dengan menggunakan artileri, roket, dan pesawat tempur.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan kantornya, Michelle Bachelet menegaskan keprihatinan mendalamnya atas nasib ribuan pria, perempuan, dan anak-anak yang terjebak di kawasan-kawasan konflik di ibu kota Libya, Tripoli.

Ia juga mengungkapkan keprihatinannya atas nasib sekitar 3.350 migran dan pengungsi di pusat-pusat penahanan dekat zona-zona konflik. Ia merujuk pada laporan-laporan mengenai kekurangan pangan dan air di lokasi-lokasi tersebut.

Pernyataan Bachelet itu menyebutkan, sejumlah tahanan dilaporkan dipaksa bekerja untuk kelompok-kelompok milisi yang mengawasi pusat-pusat penahanan.

Bachelet menyerukan digelarnya usaha-usaha yang memungkinkan warga sipil yang terjebak meninggalkan wilayah-wilayah konflik, dan mendorong segera terselenggaranya gencatan senjata dan pembicaraan politik. (ab)


Artikel yang berjudul “Pertempuran di Libya Bahayakan Ribuan Jiwa” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments