Survei LSI Denny JA: 70,6 Persen Pemilih Tak Kenal Caleg DPR RI

Aspiranesia, Jakarta – Hasil temuan terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA mencatat 11 partai terancam tak lolos ambang batas parlemen 4 persen. Salah satu penyebabnya, karena caleg kurang dikenal pemilih.

“Hasil survei LSI mengungkap, 70,6 persen responden menyatakan tidak kenal caleg. Hanya 25,8 persen mengaku kenal. Sedangkan sisanya 3,6 persen menyatakan tidak menjawab,” kata peneliti LSI Rully Akbar di kantornya, Jakarta Timur, Jumat (5/4/2019).

Dari 25,8 persen yang mengaku kenal caleg, LSI menemukan tingkat keberpengaruhan caleg dan partai ternyata hanya sebesar 15,6 persen. Artinya, hanya seperempat kue persentase elektabilitas partai yang dapat dihasilkan dari caleg masing-masing partai.

Minimnya sumbang suara caleg terbukti, dari hasil ranking elektabilitas partai yang menunjukkan dominasi partai lama. Mereka kokoh di puncak klasemen, bahkan lima dari 16 partai dipastikan LSI lolos ambang batas parlemen 4 persen.

“Jika tidak blunder, hampir pasti mereka lolos. Mereka sejak survei pertama kami Agustus 2018 konsisten elektabilias di atas 4 persen,” jelas Rully.

 


Artikel yang berjudul “Survei LSI Denny JA: 70,6 Persen Pemilih Tak Kenal Caleg DPR RI” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments