Cuit Foto Bayi Kerajaan dengan Gambar Simpanse, Penyiar BBC Dipecat

Seorang penyiar radio BBC dipecat hari Kamis (9/5) karena menggunakan foto simpanse dalam cuitan mengenai bayi lelaki pasangan Meghan, Duchess of Sussex, dan suaminya Pangeran Harry.

Danny Baker, yang memandu acara mingguan BBC Radio 5 Live, Kamis mencuit bahwa ia telah dipecat karena memposting gambar sepasang lelaki dan perempuan yang bergandengan tangan dengan simpanse yang mengenakan baju dan memberi keterangan foto, “Bayi kerajaan meninggalkan rumah sakit.”

Cuitan Danny Baker itu muncul hari Rabu, hari ketika Harry dan Meghan berpose untuk foto-foto bersama anak pertama mereka, Archie Harrison Mountbatten-Windsor. Cuitan itu dianggap rasis terkait leluhur Archie. Neneknya, Doria Ragland, adalah warga Amerika keturunan Afrika.

Baker, 61 tahun, mengatakan posting tersebut dimaksudkan sebagai lelucon. Pada Rabu malam mencuit bahwa foto itu dimaksudkan sebagai lelucon mengenai keluarga kerajaan versus hewan sirkus dengan baju-baju mewah namun itu ditafsirkan ada kaitannya dengan monyet dan ras. Posting tersebut telah dihapus.

Pengawas BBC Radio 5 Live Jonathan Wall mengatakan dalam email kepada para staf bahwa Baker telah keliru mengambil keputusan.

“Ini adalah kekeliruan pengambilan keputusan yang serius dan bertentangan dengan nilai-nilai yang kita anut sebagai satu stasiun radio. Danny adalah penyiar yang brilian tetapi tidak lagi akan memandu acara mingguan bersama kita,” kata Wall. [uh]


Artikel yang berjudul “Cuit Foto Bayi Kerajaan dengan Gambar Simpanse, Penyiar BBC Dipecat” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments