Konflik di Afghanistan Sangat Merugikan

Presiden Afghanistan Ashraf Ghani hari Minggu (5/5) menelepon Perdana Menteri Pakistan Imran Khan untuk membahas usaha perdamaian di Afghanistan, keamanan kedua negara dan kerjasama ekonomi.

Pernyataan resmi yang dikeluarkan di Islamabad mengutip Imran Khan Mengatakan bahwa konflik Afghanistan yang berkepanjangan telah merusak Afghanistan dan “sangat berdampak buruk” bagi Pakistan.

Demi kebaikan kedua negara, kita harus saling bantu membina perdamaian, kemajuan ekonomi dan hubungan kedua negara demi kemakmuran regional, kata Imran khan.

Hubungan antara Pakistan dan Afghanistan tegang sejak bertahun-tahun karena adanya saling curiga bahwa kelompok militan yang berpangkalan di masing-masing negara melancarkan serangan di negara lainnya. Pakistan mengklaim berjasa mengatur perundingan damai yang sedang berlangsung antara Amerika dan Taliban di Qatar, dan berharap perdamaian akan mengakhiri konflik yang telah berlangsung puluhan tahun di Afghanistan.

Para pemimpin pemberontak dituduh menggunakan kawasan Pakistan untuk memperkuat posisi mereka di Afghanistan, tuduhan yang dibantah Pakistan. (ii)


Artikel yang berjudul “Konflik di Afghanistan Sangat Merugikan” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments