Pasukan Darat Suriah Masuki Kantung Pemberontak

Dalam usaha memperluas serangannya, pasukan Suriah, Rabu (8/5), mendesak masuk ke kantung pemberontak di wilayah barat laut negara itu, sehingga menimbulkan bentrokan keras dengan para pemberontak.

Media “Central Military” yang pro-pemerintah mengatakan, pasukan memasuki Kfar Nabudah, desa yang terletak di ujung baratdaya kantung pemberontak.

Kelompok Pengawas HAM Suriah yang berbasis di Inggris mengukuhkan operasi darat yang dilancarkan dengan dukungan serangan udara dari jarak dekat tersebut.

Kelompok-kelompok pemberontak mengatakan, mereka menarget kendaraan-kendaraan pemerintah dan meledakkan sebuah bom.

Dalam beberapa hari terakhir, pasukan pemerintah meningkatkan serangan mereka dengan membombardir kawasan-kawasan yang dikuasai pemberontak di barat laut Suriah, sementara gencatan senjata yang diberlakukan sejak September tampaknya gagal. Pasukan pemerintah berhasil merebut sebuah desa dan sebuah bukit strategis, Senin.

Gelombang kekerasan terbaru, yang dimulai 30 April, telah meningkatkan kekhawatiran bahwa pemerintah kemungkinan melancarkan serangan yang lebih luas untuk mengambil alih kawasan itu, yang menjadi rumah bagi tiga juta warga Suriah. Gelombang kekerasan itu juga merupakan tantangan paling serius terhadap gencatan senjata yang dimediasi Rusia dan Turki. [ab]


Artikel yang berjudul “Pasukan Darat Suriah Masuki Kantung Pemberontak” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments