Pertama Kali di Asia, Tim Wasit Perempuan Pimpin Laga Sepak Bola Putra

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) mengumumkan untuk pertama kalinya tim wasit perempuan akan memimpin laga sepak bola putra dalam kompetisi antar klub Asia.

Wasit asal Jepang, Yoshimi Yamashita, dan asistennya, Makoto Bozono dan Naomi Teshirogi, akan memimpin laga Piala AFC antara Yangon United dari Myanmar dan Naga World dari Kamboja di Stadion Thuwunna, Rabu (15/5) nanti.

“Ini untuk pertama kalinya tiga wasit perempuan akan memimpin kompetisi di Konfederasi Sepak Bola Asia, menandai tonggak sejarah di perwasitan Asia,” kata AFC dalam pernyataannya seperti dilansir oleh AFC.

Piala AFC adalah kompetisi antara klub kasta kedua di Asia, di bawah kompetisi utama AFC Champions League.

Pada laga AFC Cup sebelumnya, wasit perempuan biasanya hanya menjadi asisten dan hal itu baru marak beberapa waktu terakhir. Sarah Ho dan Alyson Flynn menjadi asisten wasit pertama pada 2014.

“Ini salah satu mimpi saya,” kata Yamashita yang punya segudang pengalaman. Dia pernah memimpin laga Piala Dunia Putri U-17 FIFA pada 2016 dan 2018, serta Piala Asia Putri 2018.

“Kami bekerja keras dan ini hasilnya.”

Asisten wasit Teshirogi mengatakan penunjukannya akan menginspirasi wasit perempuan di Asia. Sedangkan Bozono mengatakan pengalamannya akan membantunya mempersiapkan Piala Dunia Putri FIFA pada Juni. Ketiga wasit perempuan Asia itu juga akan menjadi bagian 12 wasit dari AFC. [ft]


Artikel yang berjudul “Pertama Kali di Asia, Tim Wasit Perempuan Pimpin Laga Sepak Bola Putra” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments