Putin Tak Ingin Terlibat di Venezuela

Presiden Amerika Donald Trump mengatakan ia melakukan percakapan telepon yang sangat positif dengan Presiden Rusia Vladimir Putin tentang Venezuela dan isu-isu lain. Hubungan telepon itu berlangsung lebih dari satu jam.

Trump, berbicara bersama Perdana Menteri Republik Slovakia Peter Pellegrini, menggambarkan pembicaraannya dengan Putin tentang Venezuela sebagai “sangat positif.”

Ketegangan meningkat dalam beberapa hari ini antara Amerika dan Rusia sehubungan berbagai peristiwa yang semakin membuat Venezuela tidak stabil. Pemerintah Trump menuduh Rusia mencegah Presiden Venezuela Nicolas Maduro menyerahkan kekuasaan dan meninggalkan negara itu.

Tim keamanan nasional presiden, termasuk Penasihat Keamanan Nasional John Bolton, penjabat Menteri Pertahanan Patrick Shanahan, Wakil Menteri Pertahanan untuk Kebijakan John Rood dan komandan Komando Selatan Amerika, Laksamana Craig Faller bertemu hari Jumat dalam ruang yang aman di Pentagon yang dikhususkan untuk diskusi tingkat tinggi mengenai isu-isu yang sensitif dan operasi militer.

Pejabat-pejabat pertahanan mengatakan mereka membahas opsi-opsi terhadap Venezuela.

Amerika dan sebagian besar negara Barat tidak lagi mengakui Maduro sebagai pemimpin sah Venezuela, dan mengalihkan pengakuan sementara kepada Juan Guaido, ketua majelis nasional Venezuela yang terpilih secara demokratis. (ka)


Artikel yang berjudul “Putin Tak Ingin Terlibat di Venezuela” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments