Didera Kanker, Lee Chong Wei Pensiun dari Bulu Tangkis

Atlet Malaysia, Lee Chong Wei, menyatakan pensiun dari dunia bulu tangkis setelah menjalani pengobatan kanker yang dideritanya. Pengunduran diri itu mengakhiri karier cemerlang Lee yang bertabur gelar juara, tapi belum pernah memenangi gelar juara dunia atau gelar Olimpiade.

Saat mengumumkan pengunduran dirinya setelah menderita kanker, Lee tak kuasa menahan tangis.

“Keputusan saya untuk pensiun sangat berat. Saya sangat mencintai olahraga ini. Namun ini adalah olahraga yang berat. Saya mengucapkan terima kasih kepada pendukung Malaysia selama 19 tahun,” kata pebulu tangkis berusia 36 tahun itu dalam konferensi pers.

Lee menduduki peringkat pertama dunia selama 348 minggu tapi kalah dalam enam final kejuaraan dunia dan Olimpiade.

Ayah dua anak itu didiagnosa menderita kanker hidung stadium awal pada tahun lalu. Setelah perawatan intensif di Taiwan, Lee mengatakan dia sangat ingin kembali bermain.

Namun dia sudah tidak berlatih sejak April. Dan setelah tak memenuhi tenggat yang dia buat sendiri untuk kembali berkompetisi, harapan Lee untuk masuk kualifikasi Olimpiade Tokyo tahun depan makin pupus.

Pemegang medali perak Olimpiade tiga kali itu mengatakan dia sekarang ingin beristirahat dan menghabiskan waktu dengan keluarganya. Bahkan, dia ingin mengajak istrinya “bulan madu” karena rencana itu sudah tertunda sejak mereka menikah pada 2012.

“Anda tahu saya menikah pada 2012. Namun kami belum pernah berbulan madu. Saya berutang janji (kepada istri saya). Sekarang saya ingin membahagiakan dia.”

Presiden Asosiasi Badminton Malaysia (BAM) Norza Zakaria, yang menghadiri konferensi pers, menggambarkan Lee sebagai “legenda”.

“Ini hari yang menyedihkan. Lee adalah legenda dan sangat diandalkan. Kami menerima keputusannya,” kata Norza.

Saat ini, Lee sudah merosot ke posisi 191 peringkat Bulu Tangkis Dunia. [ft]


Artikel yang berjudul “Didera Kanker, Lee Chong Wei Pensiun dari Bulu Tangkis” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments