Konservatif Singkirkan Perdana Menteri Berhaluan Kiri dalam Pemilihan Awal di Yunani

Pemimpin Partai Konservatif yang beroposisi di Yunani, Kyriakos Mitsotakis, menikmati kemenangan telak atas Perdana Menteri Alexis Tsipras yang berhaluan kiri dalam pemilihan parlemen hari Minggu dan mulai menjabat di Athena, Senin (8/7).

Setelah lebih dari 90 persen suara dihitung, Partai Demokrasi Baru pimpinan Mitsotakis memperoleh 39,8 persen suara, sementara partai Syriza pimpinan Tsipras memiliki 31,6 persen suara.

Tsipras (44), yang kalah setelah memimpin Yunani selama empat tahun, mengakui kekalahan dan menelepon Mitsotakis (51) untuk menyampaikan ucapan selamat kepadanya atas kemenangannya.

Mitsotakis, lulusan Universitas Harvard di Amerika, akan memiliki mayoritas 158 kursi di parlemen Yunani yang beranggotakan 300 orang.

Dia adalah putra seorang mantan perdana menteri, Konstantinos Mitsotakis, saudara lelaki dari mantan menteri luar negeri, Theodora “Dora” Bakoyanni, dan paman dari walikota Athena yang baru terpilih.

Mitsotakis telah berjanji untuk menciptakan lapangan pekerjaan yang “lebih baik” melalui investasi asing, pemangkasan pajak dan menghilangkan hambatan bagi dunia usaha. [lt/es]


Artikel yang berjudul “Konservatif Singkirkan Perdana Menteri Berhaluan Kiri dalam Pemilihan Awal di Yunani” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments