Penangkapan Migran Ilegal di Perbatasan AS-Meksiko Menurun 

Jumlah orang yang ditangkap di perbatasan AS – Meksiko menurun bulan Juni.

Angka itu menunjukkan kemajuan dramatis enam bulan beruntun dan membuat pemerintahan Trump untuk dengan cepat – tetapi hati-hati – mengklaim kemenangan awal dalam perundingannya untuk menegakkan peraturan di perbatasan Meksiko dengan lebih keras.

Jumlah pelintas ilegal di perbatasan yang ditahan oleh Patroli Perbatasan AS pada bulan Juni turun menjadi 94.897, atau mengalami penurunan 28 persen dibanding bulan Mei, menurut data ​ dari kantor Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan Amerika (CBP) yang dirilis Rabu (10/7).

Penangkapan migran ilegal menurun bertepatan dengan naiknya suhu musim panas, dan Meksiko juga meningkatkan penegakan perbatasannya, menyusul kesepakatan dengan AS yang akan menaikkan tarif impor produk Meksiko jika jumlah pelintas perbatasan tidak menurun.

Keluarga dan anak-anak yang tidak didampingi masih menjadi masalah utama dari pelintas batas ilegal, kata seorang pejabat senior CBP kepada wartawan, Rabu.

“Apa yang kami lihat pada bulan Juni adalah bahwa strategi kami berjalan. Keterlibatan Presiden dengan Meksiko, kesepakatan untuk menegakkan keamanan imigrasi di perbatasan selatan mereka, itu jelas berdampak pada arus migran ilegal,” kata Penjabat Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Kevin McAleenan kepada CNN, Selasa (9/7), beberapa jam setelah agen itu merilis perkiraan angka awal untuk Juni. [ps/pp]


Artikel yang berjudul “Penangkapan Migran Ilegal di Perbatasan AS-Meksiko Menurun ” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments