Pompeo dan Menlu Inggris Bahas Isu Nuklir Iran

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo membahas “prioritas dunia,” termasuk hubungan dengan Iran, melalui telepon dengan mitranya dari Inggris yang baru, Dominic Raab, kata Deplu AS hari Kamis (25/7).

“Menlu AS, Mike Pompeo berbicara dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab, untuk membahas prioritas dunia, termasuk melawan upaya Iran untuk memperluas program nuklirnya,” kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS, Morgan Ortagus.

Dia tidak menyebut apakah pembicaraan itu juga menyinggung ketegangan London yang meningkat dengan Teheran atas penahanan Iran terhadap sebuah kapal tanker berbendera Inggris pada 19 Juli di Selat Hormuz.

Penyitaan kapal itu dilihat sebagai langkah balasan setelah pihak berwenang Inggris menahan sebuah kapal tanker Iran dari Gibraltar awal bulan ini, karena dicurigai mengirim minyak ke Suriah yang berarti melanggar sanksi Uni Eropa.

Meskipun Trump telah menyatakan “tekanan maksimum” terhadap Iran tahun ini, pemerintah AS memahami bahwa sengketa soal kapal tanker itu terutama adalah masalah London.

Pendekatan Perdana Menteri Inggris yang baru Boris Johnson untuk menangani krisis akan berada di bawah pengawasan ketat. Tidak jelas apakah Johnson, yang menjabat hari Rabu, akan mengambil pendekatan garis keras yang sama terhadap Iran, seperti Trump.

Pada Mei 2018, ketika menjabat sebagai menteri luar negeri di bawah mantan perdana menteri Theresa May, Johnson berkunjung ke Washington untuk membujuk Trump agar tidak meninggalkan kesepakatan nuklir Iran. (ps/pp)


Artikel yang berjudul “Pompeo dan Menlu Inggris Bahas Isu Nuklir Iran” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments