Senator AS Ungkapkan Keprihatinan ‘Spionase China’ di Kampus Amerika

Senator AS yang mewakili negara bagian Missouri, menulis surat kepada sebuah universitas negeri dan universitas swasta untuk mengungkapkan keprihatinannya tentang spionase China dan Institut Konfusius (Kong Hu Cu) di dua kampus Amerika tersebut.

Josh Hawley, seorang Senator partai Republik dari negara bagian Missouri, mengajukan keprihatinannya kepadaUniversitas Missouri dan Universitas Webster, yang menjadi tuan rumah Institut Konfusius.

Institusi dan pusat Konfusius di seluruh dunia yang menawarkan program bahasa dan budaya dalam beberapa tahun terakhir, telah dituduh menyebarkan propaganda China.

Beberapa perguruan tinggi dan universitas di seluruh dunia telah mengakhiri hubungan mereka dengan Institut Konfusiusdan menutup fasilitas di kampus-kampus mereka, sewaktu ketegangan tentang mata-mata China di AS berkembang.

Keprihatinan Senator Hawley itu didorong oleh hasil dengar pendapat Komisi Kehakiman Senat AS dengan Direktur FBI,Chris Wray pekan ini.

Institut Konfusius China yang berada di universitas-universitas Amerika adalah “sumber keprihatinan,” karena mereka mengizinkan pemerintah China menyebarkan propaganda komunis, mendorong penyensoran dan membatasi kebebasan akademik, demikian kata Senator Hawley. (ps/pp)


Artikel yang berjudul “Senator AS Ungkapkan Keprihatinan ‘Spionase China’ di Kampus Amerika” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments