Trump Peringatkan China agar Tak Menunda Kesepakatan Perdagangan

Sementara pembicaraan perdagangan antara Amerika dan China siap untuk dimulai, Presiden AS Donald Trump memperingatkan China agar jangan menundanya dan menunggu setelah pemilihan presiden Amerika pada 2020. Katanya, sebuah persetujuan yang tertunda akan kurang menarik dibandingkan yang tercapai dalam jangka waktu dekat ini.

“Masalahnya kalau mereka menunggu … kalau saya menang, kesepakatan yang mereka peroleh jauh lebih alot dari yang kini kita rundingkan … atau kita sama sekali tidak mencapai kesepakatan,” demikian cuitan Trump di Twitter pada Selasa.

Cuitan ini datang sementara pejabat Amerika dan China berkumpul di Shanghai untuk mulai pembicaraan, dimana kedua pihak berusaha memperkecil kemungkinan prospek terobosan.

Kedua ekonomi terbesar di dunia itu terlibat dalam perang dagang yang sengit, serta saling memberlakukan tarif bernilai lebih dari $ 360 milyar dalam perdagangan dua arah mereka.

Perundingan ini dilakukan setelah Trump dan Presiden China Xi Jinping sepakat dalam KTT G20 Juni lalu untuk memulai lagi usaha pengakhiran perang dagang terkait dengan ambisi teknologi dan surplus perdagangan China. (jm/al)


Artikel yang berjudul “Trump Peringatkan China agar Tak Menunda Kesepakatan Perdagangan” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments