Anggota Kongres AS Peringatkan China soal Perlakuan terhadap Demonstran Hong Kong

Seorang anggota penting kongres AS memperingatkan China agar tidak melakukan pembalasan keras terhadap demonstran pro-demokrasi di Hong Kong, ribuan di antaranya pada hari Senin (12/8) menduduki wilayah bandara internasional memaksa pembatalan semua penerbangan.

“Warga Hong Kong dengan berani menentang Partai Komunis China ketika China mencoba melanggar otonomi dan kebebasan mereka,” kata Ketua Fraksi Mayoritas Senat dari Partai Republik Mitch McConnell di Twitter. “Tindakan keras apa pun tidak bisa diterima.”

“Seperti yang saya katakan pada sidang Senat: Dunia menyaksikan,” kata McConnell.

Belum ada kekerasan yang dilaporkan di salah satu bandara yang tersibuk di dunia itu tetapi puluhan dilaporkan cedera di jalan-jalan Hong Kong, dimana para demonstran yang marah memblokir jalan-jalan dan menolak perintah polisi untuk bubar setelah petugas kerusuhan menembakkan gas air mata dan peluru karet ketika melarikan diri.

China pada hari Senin menyebut demonstrasi itu ‘terorisme.’

McConnell, seorang sekutu politik Presiden Donald Trump, telah mengambil sikap publik yang lebih keras menentang perlakuan terhadap para demonstran di Hong Kong yang menjadi wilayah China daripada pemimpin A.S itu. (my/jm)


Artikel yang berjudul “Anggota Kongres AS Peringatkan China soal Perlakuan terhadap Demonstran Hong Kong” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments