Fraksi Demokrat dan Republik Minta Trump Tak Potong Bantuan Luar Negeri

Kelompok partai Republik dan Demokrat dalam Kongres Amerika bergabung untuk mendesak pemerintahan Presiden Trump supaya jangan memotong empat milyar dolar dana yang diperuntukkan bagi bantuan luar negeri.

Permintaan gabungan yang langka dari dua partai yang bersaing itu diajukan dalam surat yang dikirim oleh para pimpinan Komite urusan Luar Negeri DPR dan Senat kepada Presiden Trump.

“Dana ini telah disetujui oleh kongres dan ditandatangani oleh presiden setelah perundingan bipartisan yang panjang, dan penting untuk menunjukkan kepemimpinan Amerika dalam berbagai masalah global dan demi keamanan rakyat Amerika,” kata surat itu.

“Kami mendesak supaya dana itu dipulihkan dengan segera,” tambahnya.

Kemelut tentang bantuan luar negeri itu dimulai ketika Kantor Manajemen dan Anggaran mengirim surat kepada Departemen Luar Negeri dan Badan Pembangunan Internasional Amerika dan mengatakan semua dana bantuan luar negeri untuk tahun fiskal yang sekarang dibekukan dan akan dikaji ulang.

Pemerintah minta rincian bagaimana bantuan itu akan dibagikan, sehingga ada kemungkinan bantuan itu akan dihapus sama sekali.

Kalau itu terjadi, maka sekitar empat milyar dolar bantuan luar negeri Amerika “yang penting bagi pelaksanaan kebijakan luar negeri, akan terputus,” kata kedua komite kongres itu. (ii)


Artikel yang berjudul “Fraksi Demokrat dan Republik Minta Trump Tak Potong Bantuan Luar Negeri” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments