Gedung Putih Isyaratkan Kemajuan Penting dalam Perundingan dengan Taliban

Gedung Putih hari Jumat (16/8) mengisyaratkan adanya kemajuan penting dalam usaha mencapai perdamaian dengan Taliban guna menghentikan perang yang telah berlangsung 18 tahun itu.

Kata juru bicara Gedung Putih, pembicaraan yang diadakan Presiden Trump dengan para pembantu utamanya berjalan “sangat baik,”

Trump bertemu dengan Menteri Pertahanan Mark Esper, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo dan Ketua Kepala Staf gabungan, Jenderal Joseph Dunford di Bedminster, New Jersey, tempat peristirahatan Trump.

Juga hadir dalam pertemuan itu utusan khusus AS soal Afghanistan, Zalmay Khalilzad.

Pembicaraan dipusatkan pada perundingan yang sedang berjalan untuk mencapai perdamaian dan rekonsiliasi antara Taliban dan pemerintah Afghanistan.

“Pertemuan berjalan sangat baik dan perundingan dengan Taliban akan terus dilanjutkan,” kata wakil juru bicara Gedung Putih Hogan Gidley.

Kalau dicapai perjanjian damai itu, Amerika akan bisa mulai menarik pasukannya dari Afghanistan, yang kini berjumlah 14 ribu orang.

Amerika telah menghabiskan dana lebih dari satu trilyun dolar dalam perang di Afghanistan, dan Trump mengatakan sejak menjadi Presiden bahwa ia akan menarik pulang pasukan itu. (ii)


Artikel yang berjudul “Gedung Putih Isyaratkan Kemajuan Penting dalam Perundingan dengan Taliban” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments