Kapal Kemanusiaan Spanyol dengan 121 Migran Terkatung-katung di Laut Tengah

Sebuah kapal kemanusiaan Spanyol yang membawa 121 orang migran terdampar di Laut Tengah karena tidak ada negara Eropa yang mau menampung para migran itu. Kapal bernama Open Arms itu telah terkatung-katung selama satu minggu lebih dan menghadapi ancaman denda sampai satu juta Euro kalau memasuki perairan Italia.

Kapal itu telah berada di lepas pantai Lampedusa milik Italia selama delapan hari. Nasib para pengungsi itu semakin suram karena banyak pemerintah Eropa tidak mau menerima migran, seperti yang dicontohkan oleh Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini.

Pemilik kapal Open Arms, Oscar Camps mengatakan kapalnya tidak akan masuk ke perairan Italia tanpa izin, kecuali ada krisis kemanusiaan di kapal itu, suatu hal yang diperbolehkan oleh hukum maritim internasional.

Komisi Uni Eropa hari Jumat (9/8) mengatakan belum menerima permintaan dari negara manapun untuk turun tangan, tapi juru bicara Annika Breidhardt mengatakan komisi minta pada negara anggota untuk “menunjukkan solidaritas”.

Bintang film terkenal Richard Gere hari Jumat menaiki kapal itu sambil membawa pasokan makanan dan bantuan lain, ketika

kapal itu berada kira-kira 50 km di lepas pantai pulau Lampedusa. (ii)


Artikel yang berjudul “Kapal Kemanusiaan Spanyol dengan 121 Migran Terkatung-katung di Laut Tengah” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments