KTT G7 di Biarritz Bahas Kebakaran Hutan Amazon, Anjloknya Pasar Saham dan Perpecahan di Eropa

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan para pemimpin barat yang tergabung dalam G7 akan menghadapi aksi protes ketika mereka tiba di Biarritz, Perancis Selatan. Meski demikian, aksi protes tersebut akan dihadang oleh polisi dalam jumlah besar sehingga kemungkinan besar para pemimpin tersebut tidak akan bertemu dengan para demonstran. Kunjungan itu dilakukan terkait dengan KTT G7.

Ribuan orang dijadwalkan akan berpawai sekitar 30 km dari gedung pertemuan untuk mengutuk para pemimpin dunia terkait masalah kemiskinan dan masalah lingkungan yang belum terselesaikan.

Konferensi puncak tersebut dibayangi sejumlah masalah karena negara-negara barat mengalami ketegangan akibat ucapan dan tindakan Presiden Trump. Foto-foto yang menunjukkan asap gelap diatas hutan Amazon juga menciptakan suasana yang tidak nyaman.

“Kawasan hutan Amazon sedang terbakar dan menimbulkan keprihatinan semua orang,” kata Presiden Perancis Emmanuel Macron dalam wawancara yang diterbitkan hari Jumat (23/8).

Macron berada di posisi paling depan dalam menekan Presiden Brazil Jair Bolsonaro karena masalah kebakaran hutan. Perancis juga akan mencegah tercapainya perjanjian dagang antara Uni Eropa dengan sejumlah negara Amerika Latin, termasuk Brazil.

“Kami akan berusaha mengikutsertakankan semua orang guna mengumpulkan dana untuk memulai program penghutanan kembali kawasan-kawasan yang rusak itu,” kata Macron. [ii]


Artikel yang berjudul “KTT G7 di Biarritz Bahas Kebakaran Hutan Amazon, Anjloknya Pasar Saham dan Perpecahan di Eropa” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments