Senin, Senat Puerto Rico Tentukan Nominasi Gubernur Baru

Senat Puerto Rico akan melakukan pemungutan suara pada, Senin (5/8), mengenai nominasi politisi veteran Pedro Pierluisi untuk menggantikan bekas gubernur Ricardo Rosello, yang mengundurkan diri sesuai janjinya pada Jumat (2/8).

Rossello memilih Pierluisi untuk menggantikannya, mendorong wilayah AS itu ke sebuah periode yang penuh ketidakpastian setelah protes beberapa minggu mengenai kinerja Rosello dan bocornya sebuah komunikasi dimana Rossello dan para penasihatnya mencela banyak warga Puerto Rico.

Pierluisi dilantik pada Jumat (2/8). Tapi ia mengatakan dalam sebuah konferensi pers setelah upacara pengambilan sumpah jabatan bahwa masa jabatannya sebagai gubernur mungkin tidak akan lama karena Senat belum tentu akan mengukuhkan jabatannya.

Presiden Senat Thomas Rivera Schatz termasuk diantara berbagai tokoh yang mengecam nominasi Pierlusi dan menyatakan proses transisinya “tidak etis dan tidak sah.”

DPR menyetujui nominasi Pierlusi Jumat (2/8) sebagai menteri luar negeri, satu tingkat di bawah posisi gubernur. Nominasi Pierlusi kini diserahkan ke Senat, yang memajukan sidang dari Rabu (7/8) menjadi Senin (5/8).

Apabila Senat tidak mengukuhkan konfirmasi Pierlusi, dia mengatakan akan mundur dan menyerahkan posisi gubernur kepada menteri kehakiman. [vm/ft]


Artikel yang berjudul “Senin, Senat Puerto Rico Tentukan Nominasi Gubernur Baru” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments