Presiden Trump dan Melania Ucapkan Belasungkawa atas Kepergian Habibie

Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Ibu Negara Melania Trump menyampaikan ucapan belasungkawa atas meninggalnya mantan Presiden Indonesia BJ Habibie, Kamis.

Ucapan yang ditujukan untuk masyarakat Indonesia ini disampaikan melalui keterangan Sekretariat Pers Gedung Putih.

Trump menyebut, Doktor Habibie memiliki kepemimpinan yang baik dalam menghadapi tantangan pada masa awal reformasi, pasca pemerintahan Suharto.

Hal ini ditunjukkan dengan terwujudnya kesatuan serta tetap menjaga kebhinekaan Indonesia, sehingga Indonesia bisa maju sebagai salah satu negara demokrasi terkuat di dunia.

Selain itu Trump juga menyebut Habibie akan selalu diingat untuk kontribusi yang telah diberikan untuk Indonesia dalam hal kemajuan ilmu dan teknologi, termasuk dalam bidang penerbangan, contoh kreativitas dan dedikasi warga Indonesia.

Habibie, Presiden ketiga Indonesia, meninggal dunia dalam usia 83 tahun pada hari Rabu (11/9) di RSPAD, di mana ia dirawat sejak 1 September lalu. Pemerintah menetapkan Hari Berkabung Nasional selama tiga hari.

Mantan presiden Indonesia Bacharuddin Jusuf Habibie telah dimakamkan dengan upacara kenegaraan dengan kebesaran militer penuh.

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur acara pemakaman yang dihadiri lebih dari 700 politisi, pejabat pemerintah, diplomat asing dan tokoh-tokoh masyarakat, termasuk mantan presiden Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono. (ti/jm)


Artikel yang berjudul “Presiden Trump dan Melania Ucapkan Belasungkawa atas Kepergian Habibie” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments