Tokyo Batalkan Layanan Penerbangan dan Kereta Hadapi Topan Faxai

Jepang bersiap untuk menghadapi Topan Faxai pada hari Minggu (8/9) dengan cara membatalkan jadwal kereta dan penerbangan di Tokyo. Topan dengan kecepatan hingga 216 kilo per jam tersebut berpotensi merusak dan menimbulkan hujan lebat yang diperkirakan akan mengguyur Tokyo pada malam harinya. Demikian dikatakan Badan Meteorologi Jepang.

Menurut berita yang dilansir dari Reuters, Faxai, nama seorang wanita dalam bahasa Laos, bahkan dapat membuang sebanyak 300 milimeter hujan dalam 24 jam ke depan, kata agensi itu.

“Angin dan hujan dapat naik tiba-tiba naik hingga menyebabkan badai hebat di laut, dan ada risiko angin dengan kecepatan tertinggi terjadi di ibu kota dan daerah lain,” kata Badan Meterorologi Jepang di situs webnya.

Penyiar nasional NHK memperingatkan bahwa angin berkecepatan tinggi dapat menjatuhkan kabel listrik dan merusak rumah, sementara hujan lebat dapat memicu banjir dan tanah longsor.

Sementara perusahaan Central Japan Railway mengatakan akan membatalkan atau menangguhkan sekitar 50 layanan kereta antara Tokyo dan Osaka mulai pukul 09.00 GMT dan memperingatkan kemungkinan penundaan tambahan dan perubahan tujuan akibat badai.

Japan Airlines telah membatalkan sekitar 20 penerbangan ke dan dari dua bandara Tokyo pada hari Minggu, dan memperingatkan akan lebih banyak pembatalan dan penundaan.

ANA Holdings mengatakan telah membatalkan semua penerbangan pada hari Minggu ke Hachijojima, sebuah pulau kecil yang terletak sekitar 300 km di selatan Tokyo. Ditambahkan pula beberapa penerbangan ke dan dari Tokyo mungkin ditunda atau dibatalkan pada hari Minggu dan Senin. [ah]


Artikel yang berjudul “Tokyo Batalkan Layanan Penerbangan dan Kereta Hadapi Topan Faxai” ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

No comments